Cara Mudah Menggunakan CodeBlocks Untuk Keperluan Coding C++

CodeBlocks adalah software yang freeware alias gratis yang mendukung beberapa compiler seperti GCC, MinGW, Digital Mars, Microsoft Visual C ++, Borland C ++, LLVM dentang, Watcom, LCC dan Intel C ++ compiler. Dan dikembangkan dengan menggunakan wxWidget sebagai peralatan untuk GUI-nya.

Di bawah ini adalah langkah-langkah Cara Mudah Menggunakan CodeBlocks Untuk Keperluan Coding C++.

Open CodeBlocks

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah jalankan file .exe yang ada di desktop atau di mana CodeBlocks sobat berada.

Membuat Halaman Coding Baru

Untuk membuat halaman coding yang hanya untuk belajar saja, sebaiknya kita buat file baru tanpa membuat project baru. Jadi kita hanya perlu klik File > New > File atau gunakan cara mudah dengan mengikuti gambar.

codeblocks 1

Pada bagian New form template pilih C/C++ source, karena kita ingin membuat file coding untuk C++. Kemudian pada C/C++ source klik next tanpa centang apapun dan pilih C++ dan next.

codeblocks 2

codeblocks 3

codeblocks 4

Kemudian pada Filename with full path: klik browse (tanda bulat merah) dan pilih di mana sobat ingin menyimpan file C++ nya. Pada File name tulis nama dari file C++ jika sudah oke tekan Save.

codeblocks 5

Compile (Build and run)

Jika sobat telah menuliskan sintaks atau perintah-perintah tertentu, sobat akan memerlukan eksekusi untuk menjalankan perintah-perintah tertentu.

Untuk menjalankan perintah-perintah tertentu sobat dapat menggunakan menu di atas yaitu Build > Build and run.

Ada cara yang lebih mudah dalam hal compile yaitu hanya dengan menekan F9 dan eksekusi file dijalankan.

Error Messages

Jika saat dicompile dan tidak tercompile, biasanya akan menampilkan error yang menandakan bahwa perintah yang sobat tuliskan mengandung error. Saat itulah Debugger mulai bekerja dan mengecheck terjadinya error.

codeblocks 6

Pada gambar telah terjadi error yaitu pada baris ke-7 yang ditandai dengan tanda berbentuk kotak dan berwarna merah. Pada Build messages di bawah, memberitahukan bahwa telah terjadi error (error: 'cout' was not declared in this scope)  karena perintah cout tidak terdeklarasi yang dikarenakan tidak adanya header yang menanganinya yaitu #include <iostream>.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Menggunakan CodeBlocks Untuk Keperluan Coding C++"

Post a Comment