Struktur Pemrograman C++



Yakinlah, cara terbaik untuk mempelajari sebuah bahasa pemrograman adalah dengan menulis dan mempraktekanya. Sebelum melakukan praktek menggunakan CodeBlocks ada baiknya dulu jika sobat mempelajari Cara Mudah Menggunakan CodeBlocks Untuk Keperluan Coding C++.

Pertama-tama kita akan mulai dengan membuat program sederhana menggunakan struktur standar dari pemrograman C++. Kita namakan program yang kita buat ini dengan nama program Hello World Program.

Karena program Hello World merupakan program sederhana untuk seorang pemula yang menampilkan kata Hello World di layar sobat.

Berikut adalah struktur standar C++ cekidot!

//ini adalah program C++ pertamaku
#include <iostream> //preprocessor directive

using namespace std;

int main(){ //fungsi utama

         cout<<"Hello World"; //output
         return 0; //end

}

1. Komentar

Komentar di tandai dengan double slash '//'. Komentar tidak akan terlihat saat program di eksekusi karena komentar hanya untuk memberi keterangan terhadap syntax yang kita tulis.

Syntax adalah baris kode atau kode-kode yang kita tulis pada Editor. Contoh cout<<"Hello World"; juga merupakan syntax.

Komentar juga dapat di tulis dengan menggunakan '/* isi dari komentar... */'. Komentar jenis ini biasanya digunakan untuk memberi keterangan yang melebihi satu baris.

2. Preprocessor Directive

Preprocessor directive ditandai dengan simbol '#' seperti halnya #include <iostream> pada syntax di atas. Preprocessor directive berfungsi sebagai jalur untuk preprocessor mengarahkan file header dan mengintruksikanya untuk menyertakan file header tersebut.

#include <iostream> adalah file header atau library untuk standar dari input output. Seperti perintah cout di atas memerlukan standar input output (#include <iostream>) untuk menghasilkan output di layar sobat.

3. Baris Kosong

Baris kosong tidak akan mempengaruhi jalanya program. Seperti halnya
int main(){cout<<"Hello World";}
begitupun diperbolehkan dan tidak menyalahi aturan. Baris kosong digunakan hanya agar programmer dapat lebih mudah dalam membaca syntax yang ada.

4. using namespace std;

Sebetulnya perintah cout yang menggunakan library standar iostream juga mengandung namespace yang bernama std begitu juga dengan library standar yang lain. Jika kita tidak menggunakan using namespace std; kita akan menuliskan program seperti ini std::cout<<"Hello World";.

Untuk itu kita menggunakan using namespace std; yang berfungsi untuk mendeklarasikan bahwa semua yang menggunakan library standar yang menggunakan std akan otomatis di hide.

Sehingga kita hanya perlu menuliskannya seperti ini cout<<"Hello World";. Begitulah kira-kira penjelasan mengenai penggunaan namespace std.

5. int main()

Mendeklarasikan fungsi utama yang wajib ada dan jika tidak ada fungsi main atau fungsi utama program tidak akan jalan. Jadi fungsi utama ini adalah fungsi mutlak yang harus ada.

Walaupun kode kita memiliki fungsi yang lain, fungsi utama akan dijalankan terlebih dahulu sebelum yang lain. Setelah syntax main kita memiliki tanda ( ) yang dapat diisi dengan parameter. Kita akan belajar mengenai parameter di pembahasan tentang function atau fungsi.

6. { dan }

Isi dari tanda { dan } biasa disebut dengan body. Di dalam body dari main() ini terdapat beberapa syntax yang nantinya akan dieksekusi. Tanda { merupakan awal dan tanda } adalah akhir dari body.

7. cout <<"Hello World";

Kita telah menyinggung sedikit tentang perintah cout di beberapa point di atas tadi. perintah cout (see out) merupakan perintah output atau keluaran standar untuk menampilkan output ke layar.

Perhatikan simbol semicolon (;) di akhir statement. Simbol semicolon digunakan untuk mengakhiri statements. Bahkan setiap statement wajib menggunakan semicolon di ujung statementnya. Jika tidak menggunakan semicolon di akhir statement maka akan menimbulkan error pada program kita.

8. return 0;

return juga dapat dikatakan sebagai akhiran dari int main(). Umumnya programmer menggunakan return 0 untuk mengakhiri sebuah program.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai Variabel dan Tipe Data.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Struktur Pemrograman C++"

Post a Comment